Sigli – Puncak peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 turut diperingati oleh Unit Pelaksanaan Teknis Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemnkumham Aceh dengan menggelar upacara gabungan unit pelaksana teknis di wilayah kerja Sigli.

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Bakti, Arip Herdian itu diikuti oleh pejabat struktural, seluruh pegawai, paguyuban ibu – ibu Pemasyarakatan dan Warga Binaan.

Dalam Kesempatan tersebut, Turut menyampaiakan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Menkumham), Yasonna H. Laoly. Ia menegaskan bahwa insan Pemasyarakatan harus berkinerja tinggi dan Menjaga Integritas.

“Tetaplah menjadi insan Pemasyarkatan yang senantiasa berkinerja tinggi, menjaga integritas dan berbudaya anti korupsi, serta menyumbang berbagai prestasi seraya menghindarkan diri dari perilaku kurang terpuji,” Ujarnya.

Menurutnya, umur pemasyaraktan yang telah mencapai 60 tahun bukan merupakan waktu yang singkat. Perjalanan yang panjang yang telah dilewati menjadi landasan untuk mempersiapkan langkah – langkah dalam menghadapi perkembangan dinamika di Indonesia.

“Pemasyarakatan harus memastikan kehadiranya sebagai bagian subsistem peradilan pidana yang mengawal dari tahap pra- adjudikasi, ajudikasi, dampak dengan pasca ajudikasi,” Ucapanya

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemasyarakatan memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi para pelanggar hukum dan secara signinfikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakatat dari pengulangan tindak pidana.

“Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan secara langsung bertanggung jawab,” Pungakasnya.

Kegiatan diakhir dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan bersama oleh Kepala Lapas. Tradisi pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur dan doa atas kelancaran acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *